Halaman

Rabu, 25 Oktober 2017

Yuk, mengetahui gejala kones / komstir rusak

Spare part
Awalnya saya gak percaya setelah saudara memakai motor matic saya (hond* *coopy) bilangnya kok setirnya goyang2 ya mas, karena saya jarang memakai dan karena ada history pernah kecelakaan dengan enteng saya bilang, gpp...itu pernah jatuh dan kurang center stang setirnya saja. Kemudian ada tetangga pinjam motor tersebut, juga menyampaikan hak sama kepada saya.
Kok banyak yang bilang motor goyang2 lantas saya coba keliling kampung ternyata memang betul ada yang tidak beres di roda depan..ada apa gerangan ya?..

Sesampai dirumah coba saya cek satu2 :
1 setir coba saya goyang dengan roda statis (ya dijepit pakai kaki ..hehe) hasilnya, tidak ada yang longgar dan tidak ada bunyi aneh, note : saat itu kondisi stang kurang center (bukan problem)
2 Saya jagrak double saya tarik2 roda depan (takutnya kones/komstir yang kena), hasilnya tidak ada yang aneh, dan tampak normal. Biasanya kalau trouble di kones roda depan ditarik bunyi "ctek..cetek.." '-- ada yang longgar koneksi kones dan chassis
3. Kemudian kondisi ban saya lihat, ternyata setelah saya amati permukaan sudah tidak rata alias mblenduk2 dan tipis separuh.
Dari analisa saya nah point 3 ini pasti biangnya, dan meluncurlah saya ke bengkel terdekat...ganti ban luar vrooh..


Setelah diganti saat perjalanan pulang, "lha kok..masih goyang dombret gini..asyeem.., balik ke bengkel lagi.Sampai di bengkel "wah..kayaknya kones komstirnya ini..
Digantilah konesnya sama si mas bengkel.


Selesai diganti dengan rasa percaya diri tinggi saya coba, dan betul ternyata kones sudah aus biangnya

Intine ngene : kerusakan pada kones / komstir belum tentu bisa dirasakan saat kondisi motor sedang berhenti



(Lumayan ban depan baru.. :) )
Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar